Minggu, 15 April 2012

Manajemen Resiko Bisnis


Setiap bisnis memiliki beberapa elemen resiko yang dapat menjadi ancaman potensial untuk kesuksesan. Manajemen risiko adalah usaha menilai potensi ancaman tersebut dan memastikan usaha apa yang akan anda lakukan untuk mempertahankannya. Sebelum memulai setiap bisnis, selalu tahu persis apa yang Anda memperoleh secara realistis. Lebih penting lagi, tahu apa yang akan Anda lakukan untuk memaksimalkan peluang keberhasilan. Luangkan waktu Anda dan melakukan due diligence untuk menilai semua pro dan kontra. 
Sebetulnya Saya belum begitu  paham dan menguasai  tentang manajemen resiko lebih detail . berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari berbagai media termasuk internet perusahaan harus lebih proaktif dalam mengelola resiko,  Perusahaan juga harus bisa untuk melakukan assestment terhadap resiko serta  macam- macamnya agar  diharapkan  ketika terjadi kerugian mereka dapat meminimalkan  effort serta biaya. 
Ada beberapa langkah dalam mengelola resiko, diantaranya adalah:
 Kesadaran akan resiko; 
Dalam bisnis selalu ada resiko, dan manajemen perusahaan harus mampu menyadarinya. Resiko tidak hanya bersifat materi tetapi juga dapat bersifat strategis. Misalnya adanya  perubahan tren teknologi perubahan kebijakan dari pemerintah atau bahkan dari factor pelanggan. Adanya kesadaran ini maka perusahaan dapat bersikap proaktif dalam perencanaan pengelolaan resiko

Penentuan prioritas; 
yaitu menetapkan resiko mana yang memiliki prioritas paling tinggi melalui identifikasi bahaya yang mungkin terjadi. Langkah ini merupakan upaya untuk mengaudit dan mengukur resiko.
Pencegahan terjadinya resiko;
 langkah ini meliputi 
- meminimalkan resiko pada  setiap aspek organisasi (produksi, pemasaran, keuangan, dan lain sebagainya)
- memindahkan resiko (misalnya membeli asuransi untuk melindungi aset)
- menyebarkan resiko (misal dengan portofolio, diversifikasi, membangun subsidiary, dan lain sebagainya) 
pada beberapa perusahaan , sekarang  telah  banyak yang memiliki bagian khusus seperti Risk Manager yang bertugas untuk melakukan  assestmen, identifikasi, maupun monitoring resiko serta membuat langkah dan kebijakan yang diperlukan.  Memang profesi macam ini masih terbilang cukup baru. 
Nah, setelah membaca uraian diatas sekarang anda mengerti bahwa manajemen resiko menjadi hal penting dalam mengembangkan setiap bisnis untuk meminimalisir semua kerugian. wealthbisnis.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Thank's for your comment

Popular Posts

Sponsor