Senin, 05 Maret 2012

5 Tips Meningkatkan Motivasi dalam Berbisnis

Sudah bisa kita bayangkan, apa jadinya jika seseorang kehilangan motivasi dalam hidup. sudah barang tentu akan berefek buruk pada kinerja keseharian dan ujung-ujungnya adalah datang yang namanya putus asa dan akan membuat seseorang itu malas. Tak perlu kita bayangkan lagi efek selanjutnya.

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya down atau kehilangan motivasi, namun yang terpenting di sini adalah bagaimana cara kita meminimalisir agat motivasi diri terjaga dengan baik dan prima, khusus dalam hal ini adalah motivasi bisnis.Motivasi bisnis bisa menurun lantaran penghasilan yang diidam-idamkan tak kunjung datang, atau penyemangat lain yang mungkin hilang atau mendadak pergi. Penghasilan masih belum sesuai harapan atau memang kondisi dalam keadaan tidak mood.

Semua itu wajar terjadi dalam sebuah perjuangan, tapi jika hal itu dibiarkan berlarut-larut, tentu saja ini akan berujung buruk. Maka solusi terbaik untuk meningkatkan motivasi diri agar tetap bersemangat dalam ber-bisnis adalah dengan:  

1. Perbanyak Membaca buku Motivasi ataupun Majalah Bisnis.
Membaca bisa menjadi solusi bagi yang sedang kehilangan motivasi. Bacalah buku-buku, artikel bisnis, atau buku-buku tentang motivasi bisnis dari para entreprenuer sukses. Dengan membaca akan membuka pikiran kita kembali, yang tadinya begitu sempit menjadi longgar kembali dan mau menerima nasihat-nasihat yang akan sangat bermanfat bagi mental kita.

2. Istirahat 
Mungkin saja semangat bisnis kita menurun hanya karena kita kurang istirahat atau kurang tidur. Jangan lupa, istirahat adalah bagian penting dari sebuah kehidupan. Dalam istirahat, ribuan sel tubuh kita istirahat dan memperbarui sebagian dari tubuh kita yang rusak. Kondisi kita menurun lantaran kita terlalu sibuk dengan pekerjaan, memang benar tujuan Anda baik ingin menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin, tapi jika itu sudah berlebihan maka semua yang kita lakukan akan tidak efektif. Waktu yang kita habiskan akan sia sia karena dalam kelelahan, otak kita tak produktif lagi.

3. Bergaullah dengan Orang Suskes dan Orang-Orang Bersemangat
Ada kata kata, bahwa jika kita beragaul dengan penjual parfum, maka kita akan tetular wanginya. Nah, begitu pula jika kita bergaul dengan orang yang sukses. Secara tidak langsung, kita akan tahu bagaimana cara memanajemen hidup mereka, bagaimana cara mereka berbisnis. Orang-orang sukses biasanya membawa aura yang bisa memotivasi orang lain. Dengan berkumpul dengan orang-orang demikian, akan membuat kita kecipratan wibawa mereka, sekaligus menjadi cermin bagi diri kita, agar kita bisa seperti mereka.

4. Berfikir Positif Fikiran adalah Sumber Kekuatan yang Ada dalam Hidup Kita.
Dalam fikiran yang optimis, akan lebih mudah menuai hasil yang baik daripada seseorang yang berfikir pesimis dan menyerah lebih dulu. Fikiran itulah yang menguasai kita, jika fikiran positif yang menguasai kita, maka kesuksesan bukanlah hal mustahil yang bisa kita dapat. Sangat disayangkan jika energi yang seharusnya menjadi kekuatan untuk bekerja, harus jadi kekuatan buruk dan harus menguasai kita dan memasukkan kita dalam keterpurukan keadaan.

5. Fokus pada Tujuan Tujuan
Adalah sebuah hal yang sangat menentukan cara dan proses kita untuk mewujudkan tujuan kita. Orang yang motivasinya rendah biasanya tujuan hidupnya gak jelas, mereka bertindak tanpa memiliki arah dan tujuan yang jelas, banyak waktu yang terbuang sia-sia.(jasa-pembuatan-blog.com)

Popular Posts